Berdasarkan Inpres No. 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Keputusan LAN No. 589/IX/6/ 1999 tentang Pedoman Penyusunan Pelaporan AKIP serta KMA pelaksana penyusunan LAKIP Satuan Organisasi / Kerja dilingkungan Kementerian Agama dan  penyebaran Keputusan Kepala LAN No. 507 / 2003 tentang juklak Akuntabilitas dilingkungan Kementerian Agama, maka disusunlah Laporan Akuntabilitas Kinerja di dilingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2014-2015 pada semester pertama.

Untuk mengetahui perkembangan dan harapan serta apa yang telah dilakukan oleh MTs Negeri Kota Bekasi, maka kami telah menentukkan Visi sesuai dengan tugas yang diemban pada kami. Guna mengetahui apa yang akan dilakukan kedepan sehingga dapat menyiapkan diri serta mewujudkan apa yang diharapkan, MTs Negeri Kota Bekasi merumuskan Visi sebagai :

 “ UNGGUL DALAM IPTEK YANG BERNUANSA IMTAQ”

Selanjutnya untuk mewujudkan visi tersebut, kami telah menyusun misi sesuai dengan Fungsi yang diemban yaitu sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas dan pelayanan proses belajar mengajar yang efektif dan efesien.
  2. Meningkatkan kualitas masukan dan lulusan
  3. Meningkatkan kegiatan penghayatan dan pengamalan ajaran agama .
  4. Mengembangkan managemen dengan melibatkan partisipasi seluruh warga Madrasah.
  5. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan dan ketrampilan dengan berbasis teknologi modern.

Adapun tujuan dari visi dan misi MTs Negeri Kota Bekasi ialah : “ Terwujudnya Infrastruktur terbaik, input dan output berkualitas serta suasana lingkungan yang nyaman, dinamis, sejahtera dan harmonis.”

LAKIP tersebut memuat antara lain Rencana Stratejik (Renstra) yang berisikan Visi, Misi, Sasaran, kebijakan dan program. Kemudian pada Rencana Kinerja Tahunan (RKT)  untuk Tahun Pelajaran 2014-2015, pada semester pertama dan telah memuat beberapa sasaran dan Program serta telah ditetapkan beberapa kegiatan yang prioritas pada program dimaksud. Pada indicator sasaran dan indicator kegiatan ditetapkan Rencana Tingkat Capaian masing-masing.

Untuk mengetahui presentase pencapaian Rencana Tingkat Capaian setiap Indikator kegiatan maka telah kami lakukan Pengukuran Kinerja Kegiatan (PKK).

Selanjutnya untuk mengukur dan mengetahui semua keberhasilan pencapaian Rencana Tingkat Capaian pada sasaran telah dilakukan Pengukuran Pencapaian Sasaran (PPS).

Dalam evaluasi kinerja telah diketahui semua keberhasilan dan kegagalan serta telah dilakukan analisis efisiensi untuk mengetahui tingkat efesiensi dari setiap kegiatan yang telah dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2008-2009 dengan cara membandingkan antara rencana dengan realisasi, antara input dan output dan antara kegiatan yang telah dilaksanakan Tahun Pelajaran 2008-2009, dengan tahun sebelumnya serta membandingkan dengan kegiatan unit kerja lain yang sama. Begitupun telah kami ketahui keserasian antara tujuan dan hasil, manfaat serta dampak melalui analisis efektifitas.

Dalam kesempatan ini telah pula kami lakukan analisis akuntabilitas dengan cara menganalisis tingkat keterkaitan pencapaian kinerja kegiatan dengan program dan kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan dan misi serta visi sebagaimana ditetapkan dalam Rencana Stratejik (Renstra).

Akhirnya apa yang kami sampaikan  tentu tidak lepas dari keterlibatan berbagai  pihak baik secara internal ( Warga Madrasah dan Komite Madrasah) maupun Eksternal ( Pemerintah Pusat maupun Daerah,  khususnya Kementerian Agama : Tingkat Pusat, Wilayah Jawa Barat, dan Kota Bekasi. Serta berbagai instansi dan Lembaga Swadaya Masyarakat lainnya. Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya.

Kepala,

 

 

Drs. H. Anwar, MM

NIP. 195812181984031003