Laporan Akuntabilitas Kinerja Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bekasi  ini merupakan bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Semester I Tahun Anggaran 2009  dan sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Secara umum tujuan, sasaran, program dan kegiatan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bekasi Semester I Tahun Pelajaran 2008-2009 dapat dilaksanakan dengan baik, namun demikian hasil yang diperoleh tersebut masih perlu ditingkatkan terus guna merespon tuntutan pelayanan masyarakat yang semakin tinggi.

Mengenai keberhasilan, hambatan, dan cara pemecahan masalahnya dapat dilihat sebagai berikut :

A. Keberhasilan

  1. Keberhasilan yang telah dicapai antara :
  2. Meningkatnya Kualitas dan Kuantitas dalam kegiatan Penerimaan Siswa Baru.
  3. Terselenggaranya Kegiatan KBM semester satu dengan indicator keberhasilan dapat dilihat dari berbagai hasil evaluasi yang telah dilaksanakan ( Ulangan harian, ulangan umum, dan lainnya).
  4. Terciptanya kehidupan yang islami dikalangan keluarga besar MTs Negeri Kota Bekasi ( Guru, Siswa Staf TU dan Karyawan Lainnya).

B. Hambatan/masalah

Beberapa hambatan/masalah yang masih dihadapi antara lain :

  1. Belum tersedianya dana untuk mencari data pendukung kebenaran realisasi setiap indicator benefits dan inpacts pada kegiatan dan indicator outcomes pada sasaran, karena hal tersebut menyangkut hasil yang dirasakan oleh masyarakat intern maupun ekstern, tentunya pencapainnya harus didukung oleh data yang akurat dan obyektif.
  2. Mengingat situasi keuangan pemerintah yang masih memprihatinkan sehingga dana yang dialokasikan untuk kegiatan pokok belum berimbang dengan hasil yang diharapkan sehingga hasil yang maksimal belum terwujud.
  3. Hal tersebut dapat dirasakan dengan adanya penambahan ratio kualitas dan kuantitas SDM serta sarana prasarana dengan yang seharusnya memiliki selisih yang tinggi.

C. Pemecahan masalah

Untuk memecahkan masalah yang dihadapi dilakukan dengan cara :

  1. Mengusahakan alokasi dana untuk mengevaluasi/mencari data kebenaran daripada realisasi indikator benefits, dan impacts pada kegiatan dan indikator outcomes pada sasaran;
  2. Menyusun perencanaan yang lebih matang dan terpadu dan memilih  program dan sasaran yang sangat prioritas yang memiliki kontribusi yang tinggi pada visi dan misi serta mengalokasikan dana merujuk kepada pencapaian hasil yang di harapkan.
  3. Memacu peningkatan kualitas dan kuantitas SDM dan sarana prasarana yang diharapkan.

Kepala,

 

 

Drs. H. Anwar, MM

NIP. 195812181984031003