A. Pengukuran Kinerja

Pengukuran Kinerja terdiri dari pengukuran Kinerja Kegiatan dan Pengukuran Pencapaian Sasaran.

  1. Pengukuran Kinerja Kegiatan (PKK)

Pengukuran kinerja kegiatan yaitu mengukur tingkat capaian kinerja kegiatan yang dimulai dengan menenatpkan indicator kinerja kegiatan berdasarkan kelompok inputs, outputs, outcomes, benefits, dan impacts, menentukkan satuan setiap kelompok indicator; menenetapkan rencana tingkat capaian ( target), mengetahui realisasi indicator kinerja kegiatan; menghitung rencana dan realisasi untuk mendapatkan prosentasenya. Pada semester I Tahun 2009 MTs Negeri Kota Bekasi mempunyai 5 kegiatan yang sebagiannya telah dilaksanakan, dan sebagian lainnya sedang dilaksanakan.

Adapun kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan hingga semester I Tahun Pelajaran 2014-2015 sebagi berikut :

  • Melaksanakan Penerimaan siswa baru, dengan pencapaian rencana tingkat capaian kelompok indicator inputs 98 %, outputs 99.9 %, outcomes 98 %.
  • Melaksanakan Masa Orientasi Siswa Baru (MOS), dengan pencapaian rencana tingkat capaian kelompok indicator inputs 95 %, outputs 95.9 %, outcomes 93 %.
  • Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar selama satu semester, dengan pencapaian rencana tingkat capaian kelompok indicator inputs 96 %, aoutputs 97.9 %, outcomes 96 %.
  • Melaksanakan Evaluasi semester Ganjil ( 1), dengan pencapaian rencana tingkat capaian kelompok indicator inputs 98 %, aoutputs 98.9 %, outcomes 98 %.
  • Melaksanakan Kegiatan Ektarkurikuler, dengan pencapaian rencana tingkat capaian kelompok indicator inputs 98 %, aoutputs 99.9 %, outcomes 98 %.
  • Melaksanakan Pembinaan kehidupan keagamaan siswa, meliputi Kegiatan Shalat Zhuhur berjamaah, Shalat Sunnah Dhuha, BTQ, Kegiatan shalat tahajud setiap semester, Berbagai kegiatan siraman rohani, dan Kaligrafi, dengan pencapaian rencana tingkat capaian kelompok indicator inputs 90 %, aoutputs 91.9 %, outcomes 89 %.
  • Mengadakan peningkatan manajemen dan teknologi terpadu, melalui pengadaan program database akademik sekolah, databes perpustakaan, database simak SBMN, dan Database SAI, serta sarana komputerisasi, dengan pencapaian rencana tingkat capaian kelompok indicator inputs 100 %, outputs 100 %, outcomes 100 %.
  • Pengadaan sarana perpustakaan, penerbitan buku Penghubung, Penerbitan buku panduan MOS, dan Penerbitan buku Kaligrafi, serta buku-buku pelajaran dan referensi, dengan pencapaian rencana tingkat capaian kelompok indicator inputs 100 %, aoutputs 100 %, outcomes 100 %.

2. Pengukuran pencapaian sasaram

Pengukuran pencapaian sasaran meliputi: menetapkan indicator sasaran; menetapkan rencana tingkat capaian (target); mengetahui realisasi indicator sasaran :menghitung rencana dan realisasi untuk mendapatkan prosentasenya. Maka pada Satu Tahun Pelajaran 2008-2009. Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bekasi telah menetapkan  tingkat capaian sasaran 99.9 %.

Sebagaimana tersebut diatas, maka dapat dilaporkan sebagai berikut :

  • Terselenggaranya penerimaan siswa baru, baik secara kuantitas maupun kualitas dapat terlaksana, dengan rencana tingkat capaian sebesar 99 %
  • Terselenggaranya Kegiatan KBM untuk semester satu dan dua dapat terlaksana dengan baik, terlihat dari evaluasi hasil ulangan harian maupun semester I, dan 2 dengan rencana tingkat capaian 96.9 %.
  • Terciptanya kehidupan yang islami dikalangan keluarga besar MTs Negeri Kota Bekasi ( Guru, Siswa Staf TU dan Karyawan Lainnya), dengan rencana capaian 98 %.

B. Evaluasi Kinerja

Selama Enam Bulan penuh semua rencana Kinerja seluruhnya dapat dicapai, dan sisanya dari enam bulan kedepan sedang dipersiapkan. Oleh karena partsipasi dan dukungan semua pihak sangat kami harapkan.

C. Analisa Akuntabilitas Kinerja

Analisis pencapaian kinerja pada dasarnya diarahkan untuk mengukur tingkat keberhasilan visi yang telah ditetapkan dan dijabarkan dalam misi. Selanjutnya untuk mewujudkan visi tersebut ditetapkan tujuan, sasaran, kebijakan, program, dan kegiatannya. Oleh karena itu maka analisis pencapaian kinerja selanjutnya secara rinci dilaksanakan berdasarkan tingkat keberhasilan kegiatan-kegiatan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan evaluasi kinerja yang diolah dari Januari s.d Juli  2009, sebagaimana pada  PKK dan PPS diperoleh kesimpulan sementara bahwa pada enam bulan Kedua tahun Pelajaran 2008-2009 pada realisasi program dan kegiatan telah memberikan kontribusi kepada visi dan misi Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bekasi.

Untuk program selanjutnya terus dilakukan untuk meningkatkan pencapaian visi dan misi menyusun perencanaan yang lebih matang dan terpadu, mengalokasikan dana kepada kegiatan yang sangat prioritas dengan pengalokasian dana operasional yang dibutuhkan, dengan tersedianya SDM yang berkualitas, sarana prasarana yang memadai, dan dukungan dari semua pihak diharapkan kinerja MTs Negeri Kota Bekasi dapat terlaksana.